Sabtu, April 11, 2009

Selayang Pandang Semester Genap...

Alhamdulillah...
Terhitung sampai hari ini, semester genap di Tingkat Persiapan bersama (bilang aja semester dua) ini sudah berjalan selama sekitar 48 hari. Tentunya banyak cerita yang terjadi selama rentang waktu tersebut. Tetapi, karena keterbatasan tempat, mungkin tidak akan kuceritakan semuanya (bilang aja males...).

Dimulai dari hari Senin, yaitu kuliah Kewirausahaan, yang memiliki SKS sebanyak 1 saja (yang berarti tiap 14 kali pertemuan cuma masuk sejam saja) dan "dipadatkan" jadi cuma sampai UTS saja, yang berarti tiap pertemuan jadi dua jam (hore, berarti abis UTS bisa berangkat dari rumah agak siang!), sampai hari Jum'at, yang "sajian utama"-nya adalah super-praktikum (baca: praktikum ganda), dimana waktu pagi praktikum Kimia, di siang hari praktikum Biologi (masya Allah...).

Ingin tahu kelanjutan ceritaku selama kurang lebih 7 minggu ini?
OK, here we go!

Minggu pertama (23-28 Februari)
Minggu pertama kuliah, seperti biasanya, diisi dengan banyaknya jam kosong. Maklum, di minggu pertama kegiatan perkuliahan belum efektif, terutama kegiatan praktikum, responsi, asistensi, dan kolokium. Minggu ini juga diisi dengan perkenalan dengan para dosen pengajar. Jelas perlu perkenalan, karena mata kuliah yang diambil beda dengan semester kemarin, dosen yang mengajar, juga asdos dan aspraknya, pun beda. Yang spesial, mungkin latihan aerobik (lagi) yang harus dijalani, karena kelasku, B26, menyabet juara kedua di kompetisi aerobik semester lalu, dan bakal diadu dengan jawara dari kelas A (aku kelas B loh...). Dan kegiatan ini menghiasi hari-hariku sampai detik ini (_lebaymode:On_).

Minggu Kedua (2-7 Maret)
Masih diisi dengan perkenalan, terutama di jam praktikum, responsi, dan asistensi. Kegiatan perkuliahan sudah mulai berjalan efektif. Di minggu ini, di praktikum kimia pertama, saya mendapat "kehormatan" untuk menjadi taster dari larutan natrium hidroksida (NaOH). Rasanya? Gak enak parah! Ketika larutan itu masuk ke dalam mulut, langsung kuberlari ke wastafel terdekat, dan membuang sisa larutan yang masih tertinggal di mulut. Karena NaOH dikenal sebagai senyawa korosif, daku sempat khawatir akan keadaan tubuh ini. Untungnya, larutan itu cuma 0,1 molar, dan ketika ditanyakan ke temanku, katanya gak terlalu apa-apa. Haah, lega...

Minggu Ketiga (9-14 Maret)
Diawali dengan libur di hari Senin, sepertinya minggu ini berlalu begitu saja. Hal yang baru? Mungkin praktikum biologi perdana.

Minggu Keempat (16-21 Maret)
Di minggu ini terjadi hal yang cukup "menakjubkan" (_lebaylagimode:On_), yaitu peristiwa "listrik keluar" (baca: listrik mati) tingkat kota dan kabupaten Bogor pada hari Selasa. Peristiwa ini terjadi hampir sehari-semalam. Akibatnya, mesin pompa air tak bekerja, sehingga beberapa anak asrama "mengungsi" ke Al Hurriyyah (masjid-pen) untuk "membersihkan badan". Peristiwa lain, mungkin seminar Let's Fight Against Drugs (LFAD) yang menjadikan minggu ini cukup semarak, selain mati lampu, yang dengan sangat menyesal kulewatkan begitu saja. Hiks...T_T

Minggu Kelima (23-28 Maret)
Minggu ini, mungkin dua hal terasa "menarik". Pertama, di tengah pekan, ketika buletinku (sebenernya buletin rohis kelas) yang pertama "lahir". Secara, pimpinan redaksi gitu... (Siapa juga yang bilang gitu?). Kedua, di akhir pekan, ketika aku harus "berubah" (henshin!) menjadi vokalis, yang biasanya cuma jadi backing vocal, di tim nasyidku, yang waktu itu tampil di Auditorium Fapet di acaranya ISC (Islamic Student Center) Al Hurriyyah.

Minggu Keenam (30 Maret - 4 April)
Nothing special, I think. Tetap berlatih aerobik bersama teman sekelas (walau ga dateng semua), dan kesibukan seperti biasa. Nyatanya, big event terjadi di akhir pekan (hari Minggu), ketika kompetisi aerobik kembali digelar. Kali ini, kontestannya adalah kelas A. Berhubung aku kelas B, makanya aku gak ikutan (ngapain juga?).

Minggu Ketujuh (6-11 April)
Minggu ini, kegiatan perkuliahan cuma berlangsung selama tiga hari. Jelas, karena di hari Kamis digelar "hajatan besar", yaitu Pemilihan Umum (Pemilu), dan hari Jum'atnya libur. Pemilu tahun ini merupakan pemilu pertama bagiku (jelas...). Dan di hari Sabtu ini, nanti bakal digelar SG (Studium General) mata kuliah Kewirausahaan, sebagai sajian terakhir kuliah ini (yeah, akhirnya...).

Sekian laporan dari saya. Terima kasih atas perhatiannya.

5 komentar:

  1. laporan diterima..

    hahahha..

    gak kerasa hampir 75% progress kita di asrama..

    BalasHapus
  2. Kayaknya sama denganku.
    Jangan-jangan kita sekelas.

    BalasHapus
  3. wkwwkwkw gw semester ini ada praktikum FISIKA yg teknisnya menjijikan...

    BalasHapus
  4. @fariz: seperempat jalan lagi... ^^

    @abrari: apa saya mengenal Anda?
    ^^

    @qie22: justru praktikum fisika yang paling enak bwat gw...

    @oRiDo: makasih... ^^

    BalasHapus