Kamis, April 30, 2009

Berlalu Juga...

Alhamdulillahi robbil 'alamin...
Setelah dua minggu yang sangat cukup melelahkan sekali, akhirnya berlalu juga UTS Semester Genap TPB. Kemarin adalah hari terakhir kami (aku dan teman sekelas) menjalani UTS, yang ditutup dengan Mata Kuliah (Matkul) Kimia.

Berbeda dengan "sajian" semester kemarin, kali ini kami "disuguhi" menu-menu andalan (eh?), yaitu sebagai berikut.

Hari pertama (22 April 2009): KALKULUS
Sajian pembuka UTS semester ini. Dengan komposisi 10 soal esai dengan tingkat kesulitan yang semakin bertambah, Matkul ini berbicara tentang turunan dan aplikasinya. Agak membuat pusing. Aku "terganjal" di nomer 8 & 10, tapi lolos di nomer 9 (loh?!). Soal boleh dibawa pulang.

Hari kedua (23 April 2009): EKONOMI UMUM
Terbagi atas 3 bagian: pilihan ganda, isian singkat, dan esai. Sejauh ini Matkul Ekum ini baru berbicara masalah ekonomi mikro. Tidak ada kesulitan berarti (sok iye...). Soal boleh dibawa pulang.

Hari ketiga (24 April 2009): BAHASA INDONESIA
Terdiri dari 5 bagian soal. Topik utamanya adalah penggunaan bahasa Indonesia sesuai EYD (Ejaan yang Disempurnakan), termasuk di dalamnya penulisan kalimat efektif, pemilihan kata yang sesuai dengan konteks kalimat (diksi), dll. Cukup membuat pusing. Soal boleh dibawa pulang.

Hari keempat (27 April 2009): BIOLOGI
Seperti biasa waktu di SMA, Matkul Biologi berisi banyak hafalan. Terdiri dari 4 bagian soal, pilihan ganda, pilihan... ("Pilih A jika pernyataan 1, 2, dan 3 benar, pilih B jika..."), benar-salah, dan isian singkat, Matkul ini cukup menyulitkan kami. Rasanya, waktu 2 jam yang diberikan untuk mengerjakan soal tidak cukup untuk menyelesaikan semua soal. Dan sayangnya, soal tidak boleh dibawa pulang (yaaah... penonton kecewa...).

Hari kelima (28 April 2009): AGAMA ISLAM
(Mungkin) satu-satunya UTS yang "menentramkan hari, menenangkan jiwa". Terdiri dari 3 bagian: pilihan ganda, isian singkat, dan esai. Cukup sulit untukku, karena aku tidak menghafal ayat-ayat Al-Qur'an dan hadits-hadits yang sekiranya bakal keluar di UTS ini. Soal boleh dibawa pulang.

Hari keenam (29 April 2009): KIMIA
Final battle! Sajian penutup yang sangat "mengenyangkan" (emang makanan?). Digelar di Graha Widya Wisuda kemarin, para mahasiswa dari 20 kelas saling berlomba untuk meraih hasil terbaik dalam Matkul ini. Dengan komposisi 10 soal benar-salah, 50 soal pilihan ganda, dan 4 soal esai, Matkul ini benar-benar pas untuk menjadi "Final Stage" UTS ini. Sama seperti Biologi, cukup banyak hal yang harus dihafal, termasuk di dalamnya teori, rumus, dan konstanta. Sangat membuat pusing. Soal boleh dibawa pulang untuk kemudian disobek-sobek, dibakar, dijadikan bungkus kacang, dan diperlakukan secara semena-mena sebagai bentuk penindasan atas kertas dapat dipelajari lagi di kemudian hari.

Yah, itulah sepintas keadaan kami (khususnya aku) ketika UTS Semester Genap TPB 2008-2009 kemarin. Sekarang tinggal menunggu nilai. Semoga nilai yang kami dapat adalah nilai terbaik yang dapat kami raih. Amin...

5 komentar:

  1. Eh, lu anak ilkom kan?
    Kok masih belajar biologi, kimia, ekonomi, dll?

    BalasHapus
  2. Nah, itu dia!
    Gw juga bingung...
    (maksudnya?)

    BalasHapus
  3. kimia? biologi? kalkulus? apaan tuuuuh...?? ahaha,, semangat aja deh nan! mabok angka siah,,

    BalasHapus
  4. ... haha... kog da biologi.. jngan2x.. TPB.. hehe

    BalasHapus
  5. Biologi? Itu sih masa lalu.
    Sekarang: Anum.
    Berikutnya: AI, IMK, Sispak, dll...

    BalasHapus