Selasa, Juli 08, 2008

Matrikulasi di IPB

Beberapa jam setelah kedatanganku (wuih, bahasanya...) di asrama, sekitar hari Rabu pagi (aku dateng ke asrama hari Selasa malem), tanggal 2 Juli, di mading tertempel kertas-kertas berisikan tentang pembagian kelompok matrikulasi. Sedikit tentang matrikulasi di IPB, matrikulasi ini cuma terbagi atas dua mata kuliah (atau pelajaran?), yaitu Pengantar Matematika (PM) dan Kimia. Dan matrikulasi ini cuma berlangsung selama kurang lebih 5 minggu. Oke, balik lagi ke ceritaku (?). Kucari namaku di kertas itu. Ternyata, aku dapat matrikulasi pelajaran PM, tepatnya di kelompok 11. Pikirku, "mate, ya udahlah".

Kamis, 3 Juli 2008, aku menyatroni (?) perpus Matematika di gedung FMIPA untuk membeli diktat PM. Begitu kulihat daftar isinya, tertulis disana:
Bab 1 Logika Matematik
Bab 2 Kombinatorika
Bab 3 Matriks
Bab 4 Sistem Persamaan Linear
Bab 5 Selang, Ketaksamaan, dan Nilai Mutlak
Bab 6 Fungsi dan Model
Bab 7 Limit dan laju Perubahan
"Wuihh... pelajaran SMA nih", pikirku. Ketika kubuka diktatnya halaman demi halaman, memang materi matrikulasi ini adalah hampir keseluruhannya materi SMA. Oke, rasanya aku bakal menikmati masa matrikulasi ini. Untuk pelajaran Kimia, aku tidak begitu hafal pelajarannya, tapi kurang lebih ya pelajaran SMA.

Beberapa hari yang lalu, entah hari Senin atau hari Selasa, aku mendengar pernik lain dari pelajaran matrikulasi ini. Ternyata, jika kamu dapet nilai bagus pas matrikulasi, entah di pelajaran PM atau Kimia, kamu boleh ikut pelajaran ini pas TPB nanti, ga harus. Wah, enak juga ya...

5 komentar:

  1. bukan gitu... yang benar, kalau kita dapat nilai C,D, atau E di matrikulasi, kita bisa ngambil MK ini lagi di reguler nanti. Dan di transkrip tidak dianggap mengulang.. Jangan lengah, walaupun cuma pelajaran SMA. Ntar ketemu Sosum loh...^^

    BalasHapus
  2. @asfarian: Apaan tuh Sosum? Kayanya cukup mengerikan...

    BalasHapus
  3. @asfarian: O ya, kelupaan, thanks atas koreksinya...

    BalasHapus
  4. , matrikulasi itu termasuk seleksi masuk IPB bkan c?

    BalasHapus
  5. @Anonim: Bukan. Matrikulasi itu kuliah alih tahun. Diperuntukkan bagi mahasiswa IPB tingkat satu yang berhasil masuk IPB lewat jalur USMI (PMDK).

    BalasHapus