Oke, balik lagi ke cerita. Pertama, dosennya mengajarkan dulu konsep dasarnya (ya iyalah...), yaitu sbb:
Induksi MatematikaKemudian sampailah di bagian contoh soal. Contoh soal pertama berhasil diselesaikan. Yang kedua juga. Pun yang ketiga. Begitu sampai pada contoh soal keempat, yang soalnya:
Kegunaan: untuk membuktikan kebenaran.....blah....blah....blah...
...
...
Langkah Pembuktian:
1.Basis induksi: tunjukkan P(1) benar
2.Hipotesis induksi: anggap P(k) benar untuk k>=1
3. Langkah induksi: tunjukkan P(k+1) benar
(pokoknya, ya begitulah... males nulis yang lengkapnya)
Untuk n>=10, 2^n > n^3tiba-tiba kelas menjadi hening. Bukan apa-apa, karena ga ada yang bisa nyelesai-in persoalan ini, bahkan dosenku juga ikut-ikutan bingung.
(baca: "untuk n lebih besar sama dengan 10, 2 pangkat n lebih besar dari n pangkat 3)
Begini langkah pengerjaannya:
1. Basis: n=10 -> 2^10 > 10^3 -> 1024 > 1000Nah, di prosedur ketiga ini, ga ada yang tau cara nerusin induksi ini, bahkan sang dosen.
2. Hipotesis: n=k -> Anggap benar 2^k > k^3
3. Langkah: Apakah 2^k+1 > (k+1)^3?
Jadi, buat para pengunjung blog ini, kalo ada yang tau cara nyelesai-in induksi ini, kasih tau caranya lewat bagian komen ya, tentunya jangan lupa cantumin nama.
Hmm, coba gue kerjain
BalasHapusmenggunakan logika anak hukum gue ya...
misalnya n = 11, masa iya 2^11 lebih besar dari 11^3? jadi hipotesisnya salah tuh...
Huehuehue,,, gue malah bikin tambah pusing yah? semangat! gue udah gak perlu ketemu mate lagi sih... hehehehe *devilish laugh*
nan.. gila.. lw matrix mate bukan?? assoyy..
BalasHapusca.joelz
antares.1911
duh,..duh,..gw juga lagi cara ngerjain Induksi ni...kmen dosennya cma lgsung ngasi contoh soal,..satu doank lg. lgsung d ksi tgas..Mohon Doanya biar dpet mkaterinya :)
BalasHapus