Rabu, Januari 26, 2011

Review Web Usability – Bajubatik.com : Bagian I

/*
Tulisan ini merupakan salah satu dari rangkaian tulisan mengenai review usability dari situs Bajubatik.com, sebagai tugas akhir dari mata kuliah Interaksi Manusia Komputer. Daftar rangkaian tulisan tersebut adalah sebagai berikut.

Review Web Usability - Bajubatik.com : Sebuah Pengantar
Review Web Usability – Bajubatik.com : Bagian I
Review Web Usability – Bajubatik.com : Bagian II
Review Web Usability – Bajubatik.com : Bagian III + Penutup
*/

+++++++++++++++++++++

Pada tulisan kali ini, saya akan membahas heuristik dari web usability poin pertama sampai poin keempat, berdasarkan urutan pada artikel Jakob Nielsen, yaitu Visibility of system status, Match between system and the real world, User control and freedom, dan Consistency and standards. Untuk enam poin berikutnya, akan dibahas kemudian.

Visibility of system status


Situs ini merupakan salah satu situs yang memaksimalkan fungsi title bar. Setiap kita berpindah dari halaman satu ke halaman lain pada situs ini, terjadi perubahan pada title bar. Jadi, kita tidak perlu terlalu mengingat halaman apa yang sekarang ditampilkan.



Situs ini hanya memiliki breadcrumb pada halaman-halaman tertentu, contohnya ketika kita memilih produk yang ingin dilihat. Breadcrumb tidak terlihat pada halaman New Arrival, Artikel, dan Testimonial.




Match between system and the real world


Mengenai peletakan menu pada bilah menu, sudah cukup bagus, karena dikelompokkan berdasarkan isinya. Ada yang berisi tentang informasi umum, guide (petunjuk), dan pembelian.



Mengenai bahasa antarmuka yang digunakan, situs ini dapat dikatakan tidak konsisten. Pada halaman beranda, bahasa yang banyak digunakan adalah Bahasa Inggris. Sementara itu, pada halaman Delivery and Payment, tampilan mengenai prosedur pembayaran dan pengiriman barang tetap ditampilkan dalam Bahasa Indonesia, walaupun pilihan bahasa yang ditampilkan adalah Bahasa Inggris. Pada halaman ini, pemilik situs telah memberi tahu bahwa tidak ada pilihan translasi bahasa yang tersedia untuk tulisan tersebut.




User control and freedom


Pada bagian ini, saya ingin mengomentari bagian konfirmasi pembayaran. Ketika pilihan konfirmasi pembayaran, akan muncul sebuah jendela baru, yang berisi form isian untuk menyatakan bahwa telah terjadi pembayaran atas suatu barang. Form isian yang muncul terletak di dalam web browser, bukan form yang muncul pada halaman baru. Hal ini dapat terlihat ketika web browser tidak di-full screen, form isian terlihat seperti terpotong, dan ketika di-scroll maka form akan berubah tampilannya. Hal lain yang cukup mencolok mengenai form ini adalah alignment yang digunakan adalah rata kanan, yang tidak terlalu umum digunakan pada tampilan suatu situs. Selanjutnya, tombol untuk keluar dari form ini berada di pojok kiri atas. Jika kita ingin keluar dari form ini dan jendela browser tidak di-full screen, maka hal ini akan sedikit menyulitkan.




Consistency and standards


Hal pertama yang ingin saya komentari di poin ini adalah setiap halaman pada situs ini memiliki title (judul) masing-masing, dan hal itu yang menjadi sarana identifikasi bagi pengguna untuk mengetahui mereka sampai di halaman mana, seperti yang sudah saya bahas pada poin pertama.

Berikutnya, mengenai keseragaman. Produk-produk yang ditampilkan pada situs ini memiliki "nama"-nya masing-masing, yang direpresentasikan dengan kombinasi angka dan diakhiri dengan huruf. Di sinilah letak keseragamannya, karena kode nama tersebut yang menggunakan kombinasi angka-huruf, bukan ciri-cirinya, misalnya batik lengan panjang pria.



Tulisan asli ada di sini.

10 komentar:

  1. secara keseluruhan bajubatik.com ini adalah website jual beli yang baik.
    enak dan mudah digunakan

    BalasHapus
  2. wah, formnya rata kanan...
    biasanya kan rata kanan itu buat teks right-to-left kaya arabic :D

    BalasHapus
  3. Secara umum situs ini sudah cukup baik. Namun mungkin ada beberapa ketidak-konsistenan seperti pada penggunaan button dan simbol pada list kaya tombol sign up dan kategori.
    terus juga yang bikin user bingung ga ada tombol searchnya di search box atas itu. siapa yang tau kalo mw ngeload pencarian tinggal load doang. ya kan..
    disitu emang ga ada fasilitas login membernya atau emang ga keliatan??

    BalasHapus
  4. eh tinggal enter doang mksudnya kalo mw nge-search. hehehe

    BalasHapus
  5. @Laras: Yah, lumayan lah. Ga terlalu ribet, kecuali kalau pengunjungnya orang luar... (ini masalah bahasa)

    @Abrar: Yup. Lumayan ga enak dipandang mata. Ga nyaman juga mbacanya.

    @Niken: Login? Ada tuh, di navbar atas.

    BalasHapus
  6. wah.. tu kalo maw milih ukurannya gimana ?? ada gak penjelasannya??

    BalasHapus
  7. detail barangya udah mayan lengkap

    BalasHapus
  8. bagus juga, enak dipandang, cukup mudah navigasi

    BalasHapus
  9. thank you for nice information
    rekayasateknologi@uhamka.ac.id

    BalasHapus
  10. "Thank you for nice information
    Please visit our website unimuda and uhamka"

    BalasHapus