Selasa, Januari 25, 2011

Review Web Usability - Bajubatik.com : Sebuah Pengantar

/*
Tulisan ini merupakan salah satu dari rangkaian tulisan mengenai review usability dari situs Bajubatik.com, sebagai tugas akhir dari mata kuliah Interaksi Manusia Komputer. Daftar rangkaian tulisan tersebut adalah sebagai berikut.

Review Web Usability – Bajubatik.com : Sebuah Pengantar
Review Web Usability – Bajubatik.com : Bagian I
Review Web Usability – Bajubatik.com : Bagian II
Review Web Usability – Bajubatik.com : Bagian III + Penutup
*/

+++++++++++++++++++++

Sebagai tugas akhir dari mata kuliah IMK, mahasiswa diminta untuk membuat sebuah review mengenai usability dari suatu situs. Untuk semester ini, review yang diminta adalah dari situs e-commerce. Dan untuk tugas ini, saya diminta untuk me-review Bajubatik.com. Sebelum melanjutkan ke review, akan ada sedikit pendahuluan mengenai rangkaian tulisan ini.

Pendahuluan


» Apa Itu Usability?
Merujuk kepada definisi dari Jakob Nielsen pada tulisannya mengenai usability, usability adalah atribut kualitas untuk menilai sebarapa mudah antarmuka digunakan. Usability didefinisikan dengan lima komponen kualitas, sebagai berikut.

  • Learnability: Seberapa mudah pengguna menyelesaikan tugas dasar ketika pertama kali mereka menghadapi antarmuka.

  • Efficiency: Seberapa cepat pengguna dapat melakukan tugasnya setelah pengguna mempelajari antarmuka.

  • Memorability: Seberapa cepat pengguna dapat kembali terbiasa dengan antarmuka setelah mereka tidak menggunakan antarmuka dalam beberapa waktu.

  • Errors: Seberapa banyak kesalahan yang dibuat pengguna, seberapa parah kesalahannya, dan seberapa mudah mereka pulih dari kesalahan tersebut.

  • Satisfaction: Seberapa menyenangkan antarmuka tersebut digunakan.


Usability adalah kondisi yang penting bagi suatu situs untuk dapat bertahan hidup. Jika sebuah situs sulit digunakan, pengguna akan pergi. Jika halaman beranda gagal menyatakan apa yang ditawarkan oleh perusahaan dan apa yang dapat dilakukan pengguna di situs, pengguna akan pergi. Jika pengguna tersesat pada sebuah situs, mereka akan pergi. Jika informasi dalam situs sulit untuk dibaca atau tidak menjawab pertanyaan kunci pengguna, mereka akan pergi.

» Dengan Apa Saya Menilai Usability Suatu Situs?
Untuk menilai usability suatu situs, kita dapat menggunakan evaluasi heuristik milik Jakob Nielsen. Heuristik ini terdiri dari sepuluh prinsip umum untuk membuat desain antarmuka, yaitu sebagai berikut.

  • Visibility of system status: Sistem sebaiknya selalu memberitahu pengguna tentang apa yang terjadi pada sistem.

  • Match between system and the real world: Sistem sebaiknya menggunakan bahasa yang digunakan pengguna, dengan kata, frase, dan konsep yang dikenal oleh pengguna, mengikuti kesepakatan yang ada pada dunia nyata.

  • User control and freedom: Pengguna kadang salah memilih fungsi dan akan membutuhkan "emergency exit" yang jelas untuk pergi dari keadaan yang tidak diinginkan tanpa harus melakukan hal-hal lainnya.

  • Consistency and standards: Pengguna tidak perlu bertanya-tanya apakah kata-kata, situasi, atau tindakan yang berbeda akan berarti hal yang sama.

  • Error prevention: Hal yang lebih baik daripada pesan kesalahan yang baik adalah desain yang hati-hati yang dapat mencegah terjadinya masalah sejak awal .

  • Recognition rather than call: Kurangi beban ingatan pengguna dengan mambuat obyek, tindakan, dan pilihan yang terlihat. Pengguna tidak perlu mengingat informasi dari bagian dialog satu ke dialog yang lain.

  • Flexibility and efficiency of use: Permudah kegiatan pengguna.

  • Aesthetic and minimalist design: Dialog seharusnya tidak berisi informasi yang tidak relevan.

  • Help users recognize, diagnose, and recover from errors: Pesan kesalahan harus dinyatakan dalam bahasa sederhana, menunjukkan permasalahan dengan tepat, dan menyarankan solusi yang membangun.

  • Help and documentation: Akan lebih baik jika menyertakan bantuan dan dokumentasi sistem.


» Sedikit Mengenai Bajubatik.com

Bajubatik.com adalah sebuah situs e-commerce, yang secara khusus menjual batik. Dengan tagline "Bring Heritage to Your Lifestyle" dan model pakaian yang disajikan, terlihat bahwa situs ini mencoba untuk lebih memasyarakatkan penggunaan batik dalam kehidupan sehari-hari.

Situs ini menjual berbagai model pakaian berbahan kain batik, yang terbagi menjadi beberapa kelas, yaitu couples (pasangan), men, women, dan textile (kain bahan). Harga yang ditampilkan di sini secara default adalah rupiah, tetapi terdapat pilihan untuk mengubah kurs yang ditampilkan menjadi Dollar Amerika atau Euro.

Tulisan asli ada di sini.

5 komentar:

  1. Akhirnya ditaro di sini juga...

    BalasHapus
  2. di impor ni nan? ko gue ga bisa yah,malah dsuru nunggu dulu

    BalasHapus
  3. Yang ini copas, Ga. Males gw kalo ngimpor.

    BalasHapus
  4. arrrgghh..loadingnya lama bed nan >,< apalagi loading zoom gambar..
    masa ngi pilih add to chart tapi di header ada pemberitahuan database error.. aneehh..
    mm..masa ngi isi registrasi no tlp pake huruf masih bisa nan..
    hhoo..
    :p

    BalasHapus
  5. Mau gimana lagi, elemen utamanya kan gambar, jadi ya loadingnya agak lama gitu.

    Iya tah bisa masukin huruf di form nomer telepon? Yang itu malah belom tak coba... -.-"

    BalasHapus