Kamis, Januari 27, 2011

Review Web Usability - Bajubatik.com : Bagian II

/*
Tulisan ini merupakan salah satu dari rangkaian tulisan mengenai review usability dari situs Bajubatik.com, sebagai tugas akhir dari mata kuliah Interaksi Manusia Komputer. Daftar rangkaian tulisan tersebut adalah sebagai berikut.

Review Web Usability - Bajubatik.com : Sebuah Pengantar
Review Web Usability – Bajubatik.com : Bagian I
Review Web Usability – Bajubatik.com : Bagian II
Review Web Usability – Bajubatik.com : Bagian III + Penutup
*/

+++++++++++++++++++++

Pada tulisan kali ini, saya akan membahas mengenai empat poin heuristik kedua, yaitu Error prevention, Recognition rather than call, Flexibility and efficiency of use, dan Aesthetic and minimalist design.

Error prevention


Jika kita berbelanja di situs ini tanpa login terlebih dahulu, maka setelah kita melakukan checkout akan muncul form isian, yang berisi informasi mengenai pembeli dan alamat penagihan. Ada beberapa field yang harus diisi, yaitu yang diberi tanda bintang. Jika kita menekan tombol "send registration", sementara salah satu field yang bertanda bintang tidak diisi, maka akan muncul pesan peringatan, yang memberitahu bahwa semua field bertanda bintang harus diisi, atau kita harus menyetujui terms of service.




Recognition rather than recall


Pada halaman pemilihan pakaian batik, setelah kita memilih model yang kita inginkan, maka akan muncul halaman yang memperlihatkan detail dari produk yang kita pilih, mulai dari bahan, warna, dan ukuran yang tersedia. Ukuran yang ditampilkan berupa huruf yang biasa digunakan untuk menyatakan ukuran pakaian, yaitu S, M, L, dan XL. Akan tetapi, seperti yang diketahui bersama, standar ukuran pakaian untuk satu ukuran yang digunakan oleh satu perusahaan mungkin berbeda dengan standar yang digunakan perusahaan lain. Untuk itu, situs ini telah menyiapkan satu halaman khusus yang berisi informasi mengenai detail ukuran pakaian yang dijual, mulai dari lebar bahu, panjang lengan, sampai lingkar pinggang. Akan tetapi, hal ini membutuhkan perpindahan halaman sebanyak satu kali. Akan lebih baik jika dibuatkan pop up menu untuk detail ukuran pakaian pada setiap halaman pilih pakaian.




Flexibility and efficiency of use


Mengenai poin ini, terlihat dari halaman beranda bahwa bahkan pengguna yang baru saja datang berkunjung untuk pertama kalipun dapat langsung berbelanja dengan mudah di situs ini. Hal ini dimungkinkan karena begitu kita masuk ke halaman beranda, kita langsung dihadapkan kepada pilihan pakaian yang tersedia di situs tersebut, yaitu couples, men's wear, women's wear, dan textile. Pakaian yang ditampilkan pada halaman beranda kemungkinan merupakan produk yang banyak diminati.




Aesthetic and minimalist design


Pada situs ini, terdapat pop up menu yang dapat dimunculkan dari menu untuk memilih jenis pakaian yang diinginkan, yang terdapat pada bagian samping kiri (sidebar menu). Menu ini menampilkan model pakaian yang cocok untuk pengguna, mulai dari kemeja lengan panjang untuk pria sampai dengan kain bahan tekstil katun buatan tangan. Pop up menu ini tidak muncul pada pilihan couples, karena pakaian yang dipasangkan pada bagian couples sudah merupakan pasangan yang fix dan tidak dapat diganti-ganti sekehendak pengguna.



Tulisan asli ada di sini.

3 komentar:

  1. setuju.. hampir sama dengan punya saya.. he33

    BalasHapus
  2. keren..harga otomatis muncul ketika mouseover
    tapi kenapa yang navigasi barnya dijadiin 2 baris ya?
    fungsi searchnya g ada buttonnya?

    BalasHapus