Jumat, Januari 28, 2011

Fieldtrip Ilkomerz 45



Yeah, akhirnya Ilkomerz 45 mengadakan fieldtrip juga!

Awalnya, kami berencana untuk mengadakan fieldtrip pada hari Selasa tanggal 25 januari 2011, dengan tujuan ke Depkominfo RI dan ID-SIRTII. Akan tetapi, karena satu dan banyak hal, akhirnya kami berangkat fieldtrip pada hari Senin tanggal 24 Januari 2011 dengan tujuan ke ICT Watch dan Kebun Binatang Ragunan.

Menurut jarkom yang saya dapat terakhir, kami akan berkumpul terlebih dahulu di ATM Center (komplek ATM di belakang GWW) jam 6 pagi. Akan tetapi, dengan alasan efisiensi, saya memutuskan untuk menunggu rombongan di halte UIKA. Toh, rombongan bakal lewat sana, karena bakal masuk tol lewat Bogor Outer Ring Road, pikir saya.

Singkat cerita, sudah tanggal 24 Januari, dan saya sampai di halte UIKA sekitar jam 6.15 untuk kemudian menunggu rombongan. Bukan hanya saya yang menunggu rombongan di halte UIKA. Ada juga teman saya yang ikut-ikutan menunggu di halte. Walhasil, jadilah kami berdua menunggu rombongan di halte UIKA.

Rombongan kami menggunakan dua buah bus, dengan jam berangkat antara kedua bus berselisih sekitar 30 menit. Ternyata rombongan bus 1 baru berangkat sekitar jam 6.45, dan baru sampai di halte UIKA sekitar jam 7.30 karena jalanan sedikit padat. Baru saja saya naik bus tersebut & bergabung dengan rombongan, ternyata bus yang saya naiki mengalami sedikit masalah, & harus ganti ke bus yang lain. Untungnya, garasi bus yang kami naiki masih di sekitar Jalan Soleh Iskandar. Setelah berganti bus, kami melanjutkan perjalanan.

Singkat cerita, (hampir) sampailah kami di TKP. Ternyata, kantor ICT Watch adalah sebuah rumah tinggal yang terletak di sebuah komplek perumahan. Jadinya, bus kami harus berhenti di pinggir jalan raya. Dan ternyata lagi, se-hampir-sampainya kami di TKP *keadaan masih di bus, baru mau turun*, sang tuan rumah masih berbenah. Jadilah rombongan bus 1 menunggu terlebih dahulu. Dan selama masa penantian itu (?), rombongan bus 2 tiba di TKP. Akhirnya persiapan tuan rumah selesai, dan tiba waktunya untuk kunjungan. Kunjungan diawali dari rombongan bus 1, sementara rombongan bus 2 menunggu di busnya sambil "bersenang-senang" (katanya sih karaokean).

Di TKP, kami disambut oleh salah satu kru ICT Watch *namanya siapa ya?*. Beliau kemudian menjelaskan apa itu ICT Watch, ide awal dibentuknya ICT Watch, dan apa saja yang telah dilakukan oleh ICT Watch. Bagi yang belum tahu, ICT Watch merupakan sebuah LSM yang bergerak di bidang Teknologi Informasi & Komunikasi. Mereka juga yang mencetuskan ide Internet Sehat. Untuk lebih lengkapnya, bisa dilihat di situsnya.

Setelah kira-kira satu jam, tiba waktunya untuk bergantian. Sekarang giliran rombongan bus 2 yang berkunjung. Sementara rombongan bus 2 berkunjung, rombongan bus 1 melanjutkan perjalanan ke Kebun Binatang Ragunan. Sesampainya di Ragunan, rombongan bus 1 langsung menggelar lapak untuk makan siang, dan shalat Dzuhur. Setelah shalat, karena masuk ke Ragunannya harus bersama-sama satu rombongan besar, sementara rombongan bus 2 belum sampai, akhirnya anggota rombongan bus 1 mengisi waktu dengan berbagai hal. Ada yang karaokean, foto-foto layaknya foto model, sampai main kartu UNO.

Singkat cerita, rombongan bus 2 tiba di Ragunan. Setelah semuanya selesai makan siang, rombongan besar inipun masuk ke Kebun Binatang Ragunan. Setelah masuk, kami (rombongan besar-pen) langsung menuju suatu tanah lapang, untuk menggelar lapak dan memulai acara puncak kumpul-kumpul. Acara kumpul-kumpul ini diawali oleh sambutan ketua pelaksana fieldtrip. Kemudian dilanjutkan dengan forum curhat-curhatan. Banyak hal yang dicurhatkan dalam forum ini, dan hal-hal tersebut bersifat rahasia, hanya internal perusahaan Ilkomerz 45 saja yang boleh tahu. Karenanya, tidak akan saya ceritakan dalam tulisan ini.

Singkat cerita, selesailah forum curhat. Acara dilanjutkan dengan games, yaitu game memindahkan bola pingpong menggunakan selembar kertas koran dan tarik tambang. Selesai games, waku menunjukkan jam 15.30. Acara dilanjutkan dengan shalat Asar dan "game" mencari kalung dari salah seorang teman kami. Terlalu asyik mencari kalung, waktu sudah menunjukkan jam 16.30, sementara Kebun Binatang Ragunan akan tutup pada jam 17. Walhasil, acara berkeliling melihat binatang bersama tidak jadi dilakukan, dan diganti dengan acara pemotretan dan foto keluarga dan foto prewedding. Sebelum kembali ke bus, acara ditutup dengan pembacaan doa dan peneriakan jargon Ilkomerz *apaan tuh "peneriakan"?*. Setelah itu, kami pulang menuju Bogor. Tetapi, ada juga yang langsung pulang ke rumahnya yang di Jakarta.

Mungkin sekian dulu sekelumit kisah mengenai fieldtrip Ilkomerz 45. Semoga fieldtrip ini bukan yang pertama dan terakhir. Semoga saja akan ada lagi fieldtrip berikutnya, yaitu Fieldtrip Ilkomerz 45 versi 2.0.... :)

Apa Kabar Ilkomerz Hari Ini?

5 komentar:

  1. ICT watch itu bukannya pengamat korupsi itu yak? Ko anak Ilkom justru field trip nya kesono? Kagak ke kaskus aja :D

    BalasHapus
  2. Yang pengamat korupsi mah ICW kali...

    Ke kaskus? Hmm....

    BalasHapus
  3. Ilkomerz corruption trainer..... eeeeaaaaa....

    BalasHapus