Selasa, Agustus 05, 2008

1.001 Kunci Sukses

Kehidupan selalu berputar. Bagi orang-orang yang mampu mengikuti "perputaran", hidupnya akan terasa lebih indah. Dijamin! Nah, agar kita bisa sukses mengikuti "perputaran", ikutilah 1.001 kunci sukses ini.

Kunci sukses pertama yang akan dibahas adalah, bertindaklah! Lalu, kunci sukses kedua, bertindaklah! Kunci sukses yang ke-100, bertindaklah! Begitu juga kunci sukses ke-1.000, bertindaklah! Dan, kunci sukses ke-1.001, bertindaklah!!!! Tidak banyak memang, kalau kita betul-betul ingin sukses, kuncinya dari pertama sampai ke seribu satu adalah bertindaklah!!!

Kesuksesan akan dicapai ketika kita mau bertindak. Hasil yang akan kita peroleh, itu bukan parameter keberhasilan kita dalam bertindak. Hasil yang kita capai hanyalah satu akibat dari tindakan yang telah kita lakukan. Jadi, yang menentukan keberhasilan atau kegagalan adalah proses, bukan hasil yang kita capai.

Siti Asiah r.a. yang berusaha mengajak suaminya, Fir'aun, untuk kembali ke jalan Allah, toh tidak berhasil. Sampai meninggal, Fir'aun tetap tidak mau mengakui Allah, ia terus mengikuti nafsunya mengaku sebagai Tuhan. Kalau kita menilai sebuah kesuksesan itu dari hasil, kita akan mengatakan usaha Siti Asiah itu gagal. Tetapi, kita lihat sendiri Siti Asiah tidak gagal. Beliau sudah bertindak menjalani proses dengan benar.

Lalu, di mana letak kegagalannya? Tidak ada. Allah telah menentukan takdir lain untuk Fir'aun. Dan yang menarik, Rasulullah SAW menyebutkan bahwa salah satu dari tiga wanita yang dikaguminya, adalah Siti Asiah, istri Fir'aun, di samping Siti Khadijah dan Siti Fatimah.

Ingin menikah, bertindaklah menikah. Ingin bisnis, bertindaklah bisnis. Ingin merantau, bertindaklah merantau. Ingin bepergian, bertindaklah pergi. Ingin apapun, bertindaklah! Oleh karena itu, lakukan yang kita anggap benar. Sebab, bagaimanapun kita akan tetap dikritik orang. Selama tidak melanggar agama, bertindaklah! Maka, hidup kita pun bisa lebih indah lagi.

Jadi, kunci sukses kita adalah bertindaklah! Bertindaklah! Dan, bertindaklah! Setuju?


*Dikutip dari Hidup Untuk Hidup, Masrukhul Amri

2 komentar:

  1. Setuju deh isnan... beneran. Kalo istilahnya orang Barat mah 'NATO - No Action, Talks Only'.
    terus gue juga pernah denger ungkapan kalau di internet kae gini; kalo lu mencari sesuatu di google dan tidak menemukan yang lu cari, itu tandanya lu sendii yang haru membuatnya agar orang lain bisa mengakses dan mengembangkan apa yang lu buat. Ini prinsip dari sumber-terbuka (open source) kae linux...

    BalasHapus
  2. wah,terimakasih atas motivasinya...
    arigato...

    salam sukses!

    BalasHapus