Minggu, Juli 01, 2012

Erdős Number

<curcol>
Topik ini pertama kali saya dengar setahun yang lalu, dalam acara pembekalan untuk Praktik Kerja Lapangan (PKL). Sempat timbul keinginan untuk menuliskannya di sini. Akan tetapi, karena satu dan banyak hal, topik ini belum sempat ditulis *halah*. Nah, sehubungan dengan dimulainya masa PKL bagi Ilkom 46, keinginan itu muncul lagi. Selamat menikmati :D
</curcol>

Sudah pernah mendengar istilah Erdős number? Bagi Anda yang sering berkecimpung di dunia tulis-menulis, terutama penulisan jurnal ilmiah, pasti sedikit banyak mengetahui istilah ini, atau paling tidak pernah mendengarnya.

Jadi, apa itu Erdős number?


Paul Erdős, musim gugur 1992 (sumber)

Sejarah Erdős number bermula dari seorang matematikawan bernama Paul Erdős. Paul Erdős (26 Maret 1913 - 20 September 1996) adalah seorang matematikawan berkebangsaan Hungaria. Kedua orang tuanya merupakan matematikawan Yahudi, dan bekerja sebagai guru matematika. Paul Erdős lebih banyak menghabiskan hidupnya dengan berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain, dari konferensi ilmiah dan rumah koleganya yang satu ke yang lainnya.

Paul Erdős merupakan seorang matematikawan yang sangat produktif dalam hal publikasi tulisan ilmiah. Hal ini dapat dilihat dari jumlah publikasi ilmiahnya dalam bidang matematika yang pernah beliau buat seumur hidupnya yang mencapai angka sekitar 1525 buah, kebanyakan dengan penulis bersama (co-author). Pola hidupnya yang suka berpindah-pindah membuatnya dapat berkolaborasi dengan banyak orang dengan lebih leluasa. Ada banyak penulis yang berkolaborasi dengannya untuk membuat tulisan ilmiah, yaitu sekitar 511 orang. Beberapa orang yang banyak berkolaborasi dengannya diantaranya adalah András Sárközy (62 tulisan), András Hajnal (56 tulisan), dan matematikawan Amerika Ralph Faudree (50 tulisan).

Saking produktifnya Paul Erdős, rekan-rekannya membuat Erdős number sebagai penghormatan baginya. Erdős number merupakan suatu angka yang mendeskripsikan derajat keterpisahan seseorang dengan Paul Erdős, berdasarkan kolaborasi mereka dengan Paul Erdős, atau dengan orang lain yang memiliki Erdős number sendiri. Paul Erdős sendiri diberikan Erdős number nol, sementara orang-orang yang langsung berkolaborasi dengan Paul Erdős (misalkan X) diberikan Erdős number 1, orang-orang yang berkolaborasi dengan X diberikan Erdős number 2, dan seterusnya.

Mungkin Anda yang aktif membuat tulisan ilmiah sempat bertanya, "Berapa ya Erdős number saya?". Sekarang Anda tidak perlu repot lagi untuk menghitung manual berapa Erdős number Anda. Adalah Visual Explorer dari Microsoft Academic Search, sebuah tool interaktif, yang memungkinkan Anda untuk melihat "jarak" Anda dengan penulis artikel ilmiah lainnya, salah satunya Paul Erdős, menggunakan visualisasi graf. Tool ini dapat Anda akses lewat sini.
Sebagai contoh, saya ingin mengetahui berapa Erdős number dari pembimbing skripsi saya, yaitu Pak Mushthofa (dalam hal ini, namanya menjadi "Mushthofa Mushthofa"). Dan, seperti inilah hasilnya. Ternyata Pak Mushthofa memiliki Erdős number 4.



Jadi, berapa Erdős number Anda? :)

(Disarikan dari sini, dengan berbagai pengubahan)

3 komentar:

  1. Gagal posting di pengujung Juni... [--"]

    BalasHapus
  2. gw kgk ada kolaborasi ama beliau. berapa yak Erdős number nya?

    BalasHapus
  3. *pukpuk* Jadinya posting di bulan Juli jg XD
    Itungannya jadi sama kayaak gw... Posting di tanggal 1 bulan Juli :D

    BalasHapus