Selasa, Mei 22, 2012

CS-IPB Feed

Pada hari Sabtu-Minggu kemarin, 19-20 Mei 2012, digelar acara Workshop Nokia S40 Web Apps di Kampus IPB Baranangsiang. Pada acara tersebut, dibahas cara & teknik untuk mengembangkan aplikasi mobile untuk platform Nokia Series 40 menggunakan Web Apps. Setelah selesai dikembangkan, aplikasi ini dapat diupload ke Ovi Store Nokia. Beritanya dapat dilihat di sini.
*curcol: Ilkom IPB dido'ain untuk jadi fakultas euy :p*

Dalam kesempatan ini, saya mencoba untuk mengembangkan aplikasi CS-IPB Feed. Aplikasi ini merupakan aplikasi RSS Feed, yang mengambil konten dari situs Ilmu Komputer IPB. Ada tiga kategori yang disediakan, yaitu kategori berita, kegiatan, dan pengumuman.

Latar belakang pengembangan aplikasi ini adalah adanya kebutuhan dari mahasiswa Ilmu Komputer, terutama mahasiswa tingkat akhir, mengenai pengumuman seminar tugas akhir. Tujuannya adalah untuk dapat hadir di seminar tugas akhir tersebut. Biasanya pengumuman ini ditempel di mading Departemen. Akan tetapi, sekarang pengumuman ini hanya tersedia di situs Ilmu Komputer saja, dan biasanya mahasiswa agak malas untuk mengecek pengumuman ini. Dengan dikembangkannya aplikasi ini, semoga dapat memfasilitasi mahasiswa Ilmu Komputer khususnya, dan masyarakat pada umumnya, untuk dapat mengetahui informasi terbaru yang ada di situs Ilmu Komputer IPB.

Berikut ini adalah beberapa screenshot dari aplikasi CS-IPB Feed.




[UPDATE 1009]
Aplikasi ini sudah tersedia di Ovi Store Nokia sejak 30 Mei 2012 lalu. Jika ada yang ingin mencobanya, silakan akses aplikasinya via alamat berikut:
- Fixed web browser: http://store.nokia.com/content/280792
- Nokia mobile browser: http://store.ovi.mobi/content/280792

Tidak ada komentar:

Posting Komentar