Selasa, Desember 06, 2011

Kegalauan Mahasiswa Ilkom

Setelah lama tidak diurus ditinggalkan, akhirnya blog ini diisi lagi. Mengapa blog ini lama ditinggalkan oleh si empunya? Ada beberapa hal yang menyebabkan hal ini. Biasa lah, galau mahasiswa... *halah

Berbicara mengenai kegalauan, dalam tulisan ini saya mencoba untuk menguraikan beberapa kegalauan mahasiswa Ilkom angkatan saya dari tahun ke tahun. Sebenarnya, hal ini terinspirasi dari komentar seorang adik kelas di status adik kelasnya... :)
Secara garis besar, kegalauan kami dibagi menjadi beberapa level:
- Semester 1 & 2
- Semester 3
- Semester 4
- Semester 5
- Semester 6
- Liburan Semester 6
- Semester 7
- (prediksi) Semester 8 ke atas

Semester 1 & 2: Galau TPB
Bagi mahasiswa IPB, semester 1 & 2 merupakan masa Tingkat Persiapan Bersama (TPB). Dengan kata lain, masa "SMA kelas 4", karena beberapa mata kuliah yang diajarkan oleh dosen merupakan "review" dari materi semasa SMA.
Masih dalam masa TPB, dalam tahun pertamanya seuruh mahasiswa IPB diharapkan (kalau tidak mau dibilang "diwajibkan") untuk tinggal di asrama TPB. Sebagai konsekuensi dari tinggal di asrama, kami diwajibkan untuk mematuhi semua tata tertib asrama dan mengikuti semua acara asrama. Hal ini menimbulkan kegalauan tersendiri bagi sebagian dan/atau seluruh penghuni asrama. Dan hari-hari paling riweuh di asrama terjadi setidaknya tiga kali, yaitu ketika check in ke asrama, ketika menjelang libur Idul Fitri, dan ketika check out dari asrama.

Semester 3: Galau Minor
Saat-saat paling bersejarah, karena untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di departemen tercinta. *halah*
Sebagai mahasiswa IPB semester 3 dengan kurikulum mayor-minor, kami diharuskan untuk memilih minor, yaitu paket mata kuliah dari departemen lain. Ketika kuliah minor dilakukan, kita akan bergabung dengan mahasiswa dari departemen lain. Minor dianggap juga sebagai "keahlian tambahan", yang nantinya akan dipajang dituliskan pada ijazah.
Lalu, di mana galaunya? Pastinya galau terjadi ketika kami memilih minor. Ada beberapa kondisi yang mungkin terjadi, yaitu minor pilihan ternyata kurang diminati oleh teman sedepartemen, atau ada yang ikut-ikutan mengambil minor tertentu padahal minor tersebut tidak sesuai dengan pilihan hatinya. *eaaaa*

Semester 4: Galau Projek Kuliah
Semester 4 merupakan kali pertama diperkenalkan istilah "projek kuliah". Mata kuliah pertama yang mengenal istilah ini adalah matkul Basis Data. Dalam projek ini, mahasiswa diminta untuk membuat sebuah sistem basis data yang minimal dapat melakukan CRUD (Create, Read, Update, Delete). Mulai dari semester ini dan seterusnya, akan ada projek untuk mata kuliah tertentu.

Semester 5: Galau Projek Kuliah (Lanjutan) & Kepanitiaan
Di semester 5, jumlah mata kuliah yang mengadakan projek semakin banyak. Paling tidak ada 2 mata kuliah yang ada projeknya. Sebenarnya sih tidak terlalu menyulitkan. Akan tetapi, pada semester ini pekerjaan yang harus diselesaikan ditambahkan dengan kepanitiaan pada satu acara besar milik himpunan profesi kami, pun satu sub-acara dari acara besar milik BEM FMIPA.

Semester 6: Galau Projek Kuliah (Lanjutan) & Tempat PKL
Di semester 6, setidaknya ada 5 mata kuliah mayor yang harus diambil, dan 4 diantaranya mengadakan projek akhir. Yang lebih membuat "eneg", kelompok projek dari masing-masing matkul kadang berbeda. Tentunya masalah koordinasi dengan masing-masing anggota kelompok menjadi perhatian penting, selain masalah kemajuan projek.
Selain masalah projek, kami juga disibukkan dengan masalah pencarian tempat PKL "wannabe". Ya, selama jeda libur semester 6, kami yang telah memenuhi persyaratan melaksanakan PKL (Praktik Kerja Lapang) di instansi tertentu. Tempat yang menjadi tujuan PKL sebaiknya dicari sendiri oleh kami, otherwise kami akan ditempatkan secara semena-mena oleh Departemen.

Liburan Semester 6: Galau PKL
Akhirnya tiba masa-masa PKL. Hampir seluruh mahasiswa Ilkom 45 melaksanakan PKL di berbagai instansi yang tersebar di seantero Jabodetabek. Dalam PKL ini, ada beberapa topik permasalahan yang dihadapi oleh kami. Ada yang membangun sistem informasi kepegawaian, membuat program untuk dapat "berinteraksi" dengan mesin CNC, dan membangun program sesuai pesanan customer (bagi yang PKL-nya di instansi penyedia jasa pembuatan program).

Semester 7: Galau Laporan PKL, Projek Kuliah, & Topik Skripsi
Setelah melaksanakan PKL, tugas berikutnya adalah seminar PKL. Kegiatan ini menjadi sumber kegalauan tersendiri, karena ini merupakan seminar pertama kami, dan kami agak kerepotan dalam menghadapinya. Alhamdulillah, semua dapat melaksanakan seminrar pertamanya dengan baik.
Setelah seminar, kemudian pengumpulan laporan PKL. Sama seperti seminar, laporan menjadi sumber kegalauan. Hal ini lebih disebabkan karena teknis penulisan dan pengumpulannya yang agak "ribet".
Berikutnya, topik skripsi. Berhubung kami sudah semester 7, yang sebentar lagi harus hengkang dari kampus akan lulus *Aamiin*, maka kami perlu mengajukan topik untuk skripsi, plus dosen pembimbingnya. Setelah pengajuan topik & penentuan dosen pembimbing, dilanjutkan dengan kolokium a.k.a. presentasi awal. Yang terakhir ini adalah yang sedang "anget-anget"-nya. Malah, isu ini semakin "anget" dengan adanya projek kuliah, yang mau tak mau harus dikerjakan juga, dan UAS, yang akan dilaksanakan pada H+1 tahun baru..... :v :v

(prediksi) Semester 8 ke atas: Galau Skripsi
Untuk semester-semester berikutnya, mungkin akan lebih ke arah galau pengerjaan skripsi, seminar skripsi, sidang skripsi, dan wisuda. Kalau yang masih ada hutang kuliah, berarti ditambah juga dengan galau kuliah.

Yah, begitulah galau dari sebagian kami. Semoga dapat menginspirasi *?!*. Do'akan saja semoga kami cepat lulus, dan lulus di saat yang tepat... :D
Bagaimana dengan kisah Anda? :)

6 komentar:

  1. *liat ke atas
    Panjang amat ya tulisannya? :D

    BalasHapus
  2. Lu enak semester 8 tinggal skripsi, nah gw masih ada kuliah. #lebihgalau

    BalasHapus
  3. Masih ada kuliah apaan lu? Bukannya semester 8 Fisika udah beres ya kuliahnya?

    BalasHapus
  4. izin share yah kk :) thankyou...

    BalasHapus
  5. baru disemester 2 -__-

    BalasHapus