Rabu, Mei 12, 2010

Proyek Kuliah

Anda tentunya tidak asing lagi dengan istilah proyek, kan? Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata "proyek"? Mungkin beberapa kata di bawah ini muncul di pikiran Anda ketika mendengar ada kata "proyek" disebut:
  • Tugas menumpuk
  • Kerja tim
  • Deadline
  • dll

Menurut Oxford Dictionary, proyek, atau yang dalam bahasa Inggris disebut project, adalah:
project

• noun 1 an enterprise carefully planned to achieve a particular aim. 2 a piece of research work by a school or college student. 3 N. Amer. a government-subsidized estate or block of homes.

• verb 1 estimate or forecast on the basis of present trends. 2 plan. 3 extend outwards beyond something else; protrude. 4 throw or cause to move forward or outward. 5 cause (light, shadow, or an image) to fall on a surface. 6 present, promote, or display (a view or image). 7 (project on to) attribute (an emotion) to (another person), especially unconsciously. 8 Geometry draw straight lines through (a figure) to produce a corresponding figure on a surface or line. 9 represent (the earth’s surface, the heavens, etc.) on a plane surface.

"An enterprise carefully planned to achieve a particular aim". Ya, proyek adalah sebuah usaha atau perusahaan atau apalah itu yang direncanakan secara hati-hati untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam sebuah proyek, akan ditemui hal-hal seperti jangka waktu penyelesaian proyek, orang-orang yang terlibat dalam proyek tersebut, pembagian tugas antara orang-orang tersebut, dan lain-lain. Di akhir pengerjaan proyek, akan didapatkan suatu produk sebagai hasil dari proyek tersebut.

Kurang lebih itulah yang sedang kami, mahasiswa Ilkom semester 4, hadapi di IPB. Sejak semester ini, dan mungkin untuk seterusnya, kami akan mendapat beberapa proyek dari beberapa mata kuliah.

Untuk semester ini, mata kuliah yang "memberikan" proyek adalah Basis Data. Dalam proyek ini, kami diminta untuk membuat sebuah sistem manajemen basis data (DBMS) yang dapat digunakan. Terserah sistem database ini mau berbasis apa, web atau desktop, tapi intinya sistem ini tersebut harus dapat menjalankan fungsi CRUD (Create - Read - Update - Delete -- kalo ga salah). Proyek ini sudah dimulai sejak awal perkuliahan Basis Data dimulai, dan Insya Allah minggu depan akan diminta "pertanggungjawaban"-nya (baca: presentasi tentang proyek).

Berbicara mengenai progress, kelompok ane sudah menyelesaikan sebagian besar dari proyek yang sedang dikerjakan (masa?), sebuah sistem rapor akademik elektronik berbasis web. Semoga bisa selesai dalam waktu seminggu ini...

2 komentar:

  1. Blogwalking, wah isnan msh semangat nulis, bagus nan.. jaga terus..

    BalasHapus
  2. Ujug-ujug inget ngeblog nih, setelah sekian lama vakum...

    BalasHapus