Kamis, Juni 03, 2010

Proyek Basdat: Sebuah Awal

Masih ingat dengan tulisan ini?

Di tulisan tersebut, dituliskan bebrapa atribut mengenai proyek, seperti tugas menumpuk, kerja tim, deadline, dll.
*Asal kopas*

Melanjutkan dari tulisan sebelumnya, pada tulisan kali ini juga akan membahas mengenai proyek yang baru saja berlalu, Proyek Basis Data. Dalam tulisan ini, akan diceritakan kelanjutan dari cerita sebelumnya.

OK, here we go...

Kisah ini dimulai dari tanggal 18 Mei 2010. Kami yang sebelumnya diberitahu bahwa akan ada presentasi progress report pada tanggal tersebut, dengan semangat 45 *lebaynya*, menyelesaikan proyek aplikasi tersebut, yang waktu itu masih memiliki beberapa bug (walaupun minor bugs).
Dan, pada tanggal tersebut, tepatnya pada waktu praktikum, terjadilah presentasi tersebut. Kelompok ane yang maju pada giliran kesekian cukup menyita perhatian (maksudnya?!).

Setelah presentasi tersebut, sang asisten praktikum (asprak) mengumumkan bahwa pada minggu berikutnya, 25 Mei 2010, sesuai dengan instruksi dosen yang bersangkutan, proyek-proyek tersebut bakal dikumpulkan. Tentunya dengan beberapa kelengkapan proyek yang diwajibkan ada.
Kembali, di sepekan berikutnya kelompok ane, juga kelompok lain, berjibaku dengan bug pada aplikasi, laporan proyek, dll.

Saat tiba H-1 pengumpulan, tiba-tiba datang sebuah "jarkom" (baca: pemberitahuan), bahwa proyek dikumpulkan pada hari H, dan presentasi dilakukan pada minggu berikutnya. Yah, pemberitahuan ini sedikit banyak membuat kami agak "gimana gitu". Tapi, yasudahlah. Apa boleh buat...
*Lumayan, masih ada waktu seminggu buat persiapan... :)*

Seminggu berselang, akhirnya waktu untuk presentasi benar-benar tiba. Dengan urutan tampill seperti dua minggu sebelumnya, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja mereka, berupa produk aplikasi basis data. Sedianya, presentasi ini dihadiri oleh dosen yang bersangkutan. Akan tetapi, karena sang dosen sedang rapat pada waktu pelaksanaan presentasi, walhasil acara itu hanya dihadiri oleh asprak dan para praktikan.
Secara keseluruhan, para praktikan telah menampilkan yang terbaik.

Dengan digelarnya presentasi tersebut, berakhir pula kerja tim proyek Basdat ane. Akan tetapi, seperti yang ane tulis di judul -- Sebuah Awal --, pada semester-semester berikutnya bakal ada beberapa proyek mata kuliah lainnya, yang tentunya wajib dikerjakan oleh semua mahasiswa Ilkom.

Selamat berjumpa di proyek kuliah berikutnya...

4 komentar:

  1. Tahun lalu ane ga sempat presentasi di praktikum.
    Soalnya laptopnya tiba-tiba ngadat, ga bisa ngejalanin MySQLnya.
    Tapi biarlah, proyek basdat itu dibuat sangat mendadak.

    BalasHapus
  2. Mau ga mau ane harus presentasi, wong dikasih proyek dari awal kuliah...
    Tapi untungnya ga disuruh semuanya mau pas presentasi. Coba kalo disuruh maju semuanya... :)

    BalasHapus
  3. halo
    dinilai project database kelompok gw,
    nilai nya beda2. bikin heran ih...
    tapi seneng jg, karena nilai gw tinggi.
    hahahahaha *efek banyak ngebacot

    BalasHapus
  4. LAYANAN PEMBIAYAAN LE-MERIDIA. perusahaan pinjaman yang memberi saya pinjaman 5.000.000,00 USD Ketika investor pinjaman lain mengabaikan tawaran saya, tetapi Le_Meridian Funding Service memberi saya pinjaman yang berhasil. Mereka langsung terlibat dalam pembiayaan pinjaman dan proyek dalam hal investasi. mereka memberikan solusi pembiayaan untuk perusahaan dan individu yang mencari akses ke dana pasar modal, mereka dapat membantu Anda mendanai proyek Anda atau memperluas bisnis Anda .. Email Kontak :::: lfdsloans@lemeridianfds.com Juga lfdsloans@outlook.com atau Tulis di nomor whatsapp pada 1- (989-394-3740) Good Intend,

    BalasHapus