Kamis, April 15, 2010

Tipe Orang "Menurut Hukum Islam"

Sebenernya udah lama mau nulis ini (padahal mah baru dua minggu), tapi karena ada beberapa kegiatan yang bersifat penting dann tidak dapat ditinggalkan (sebut saja UTS), makanya baru ketulis sekarang.

Seperti kita tahu, dalam agama Islam terdapat lima macam hukum dari suatu perkara: Wajib, Sunnah, Mubah, Makruh, Haram. Disini tidak akan dibahas lebih mendalam mengenai deskripsi dari masing-masing hukum. Kalau Anda ingin tahun lebih dalam, silakan buka halaman ini.

Nah, suatu hari ane pernah dengar sebuah ceramah di suatu forum mengenai hal itu, tapi lupa di forum apa dan kapan. Bukan mengenai hukum Islamnya, tetapi penggolongan manusia jika dilihat berdasarkan kelima hukum tersebut. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita lanjutkan.

(Disclaimer: Posting ini murni hasil flashback ingatan ane tentang materi waktu itu. Jika ditemui beberapa kesalahan, mohon maklum. Juga, jangan berhenti sampai di tulisan ini. Jika Anda menemukan tulisan lain tentang hal ini yang lebih "valid", mohon dishare ke ane ya... ^^)

1. Tipe orang "Wajib"
Tipe orang ini adalah tipe yang dicari oleh banyak orang. Kalau bahasa sononya, "most wanted". Kehadiran orang-orang bertipe ini sangat dinantikan oleh orang-orang di sekitarnya, karena kedatangannya membawa manfaat bagi orang-orang tersebut. Sebaliknya, kepergiannya sangat disayangkan, menyisakan kesedihan bagi orang-orang tersebut (_LebayMode:On_).

2. Tipe orang "Sunnah"
Tipe orang yang satu ini, sedikit di bawah tipe "Wajib". Kedatangan orang bertipe ini memang diharapkan oleh orang-orang di sekitarnya, bahkan memberikan manfaat. Bedanya dengan yang tadi, perginya orang bertipe ini tidak mendapat perhatian dari orang-orang disekitarnya. Istilahnya, "pergi mah pergi aja, sok dah" (aduh, logat Sundanya keluar...).

3. Tipe orang "Mubah"
Mungkin bisa dibilang, seperti perkara-perkara muamalah (hubungan kemasyarakatan), inilah hukum default-nya setiap orang. Hadir tidaknya orang-orang bertipe ini pada suatu forum tak menghadirkan perubahan yang berarti kepada forum tersebut.

4. Tipe orang "Makruh"
Jika orang dengan tipe "Makruh" datang ke suatu forum, mungkin tidak akan terjadi apa-apa, atau tidak akan muncul perubahan yang berarti pada forum tersebut. Tetapi akan lebih baik jika orang itu tidak datang.

5. Tipe orang "Haram"
Nah, berkebalikan dengan tipe orang "Wajib", tipe orang ini sangat tidak diinginkan kehadirannya, karena mungkin jika dia hadir hanya akan membawa mudharat (keburukan) saja. Ketidakhadiran, atau kepergian, orang bertipe ini adalah hal yang sangat didambakan oleh setiap orang yang berada disekitarnya.

Sedikit mengutip ayat Al-Qur'an:
"...Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu..." [Q.S. Al Hujuraat: 13]

Nah, tipe orang yang manakah Anda?

Mungkin segitu saja posting kali ini dari ane. Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Akhirnya, new post...

    Petromax...

    BalasHapus
  2. Gan, Gabung Link ja di
    http://liken.komputersite.com/gabung-link-kalian/
    ^_^

    BalasHapus