Rabu, Februari 20, 2013

infoka.krl.co.id: Sebuah Ulasan

infoka.krl.co.id merupakan salah satu inovasi terbaru dari PT KRL Commuter Jabodetabek (KCJ) untuk memenuhi kebutuhan para pengguna KRL akan informasi terkini mengenai posisi KRL, selain dengan bertanya kepada petugas di stasiun. Ini merupakan sebuah aplikasi online yang dapat membantu pengguna KRL untuk mengetahui kereta apa saja yang sedang menuju stasiun tertentu dan posisinya saat ini secara realtime. Aplikasi ini dapat Anda akses melalui komputer atau perangkat mobile, selama tersedia koneksi internet di perangkat yang Anda gunakan.

Saya pertama kali mengetahui hal ini kemarin pagi, dari posting di fanpage para pengguna KRL Jabodetabek. Awalnya saya kira ini merupakan aplikasi yang dibuat oleh salah seorang atau sekelompok pengguna KRL. Setelah diperhatikan lagi, saya baru sadar bahwa ini adalah layanan yang diberikan oleh PT KCJ. Berikut ini adalah salah satu tweet dari akun resmi PT KCJ yang memberikan info mengenai aplikasi tersebut.

Seperti yang telah disebutkan di tweet di atas, aplikasi ini dapat diakses melalui alamat http://infoka.krl.co.id/to/[stasiun].Pada tautan di awal tulisan, saya memberikan contoh info KRL yang akan menuju Bogor dalam waktu dekat. Selain Bogor, Anda bisa mengetahui KRL apa saja yang akan tiba di stasiun tertentu dalam waktu dekat, dan akan masuk di jalur mana. Caranya, dengan mengganti kode stasiun dengan kode stasiun yang Anda inginkan. Berikut ini adalah kode-kode stasiun se-Jabodetabek.
(semoga tidak ada yang terlewat :P)

Dalam tiga kali perjalanan pulang-pergi ke kantor, saya mencoba aplikasi ini di perjalanan. Misalnya tadi pagi, saya berangkat menggunakan Commuter Line dengan nomor KA 419 tujuan Angke. Ketika kereta saya tiba di stasiun Depok, status kereta di aplikasi tersebut seperti gambar di bawah.
(ket: "DI [stasiun]" berarti kereta sedang berada di stasiun tersebut)

Setelah kereta saya berangkat dari Depok, status kereta di aplikasi tampak seperti gambar di bawah.
(ket: "BER [stasiun]" berarti kereta sudah berangkat dari stasiun tersebut menuju stasiun berikutnya)

(maaf jika gambar terlalu kecil :P)

Ya, dari screen capture di atas dapat dilihat bahwa informasi yang ditampilkan di aplikasi ini adalah realtime. Kalaupun ada selisih waktu antara info di aplikasi & kenyataan yang ada, mungkin hanya beberapa detik saja.

Menurut saya, secara sekilas aplikasi ini cukup membantu pengguna jasa KRL Jabodetabek untuk mengetahui posisi terakhir & jenis kereta yang sedang menuju ke stasiun tertentu. Yang jadi pertanyaan, apakah aplikasi ini juga mendukung info terkini mengenai perjalanan KRL, misalnya jika tiba-tiba terjadi gangguan wesel atau persinyalan, mengingat tampilan minimalis yang dimiliki oleh aplikasi ini. Sejak aplikasi ini diluncurkan hingga hari ini, alhamdulillah tidak ada gangguan yang cukup berarti di lalu lintas KRL Jabodetabek. Esok, siapa tahu? :)

1 komentar: