Selasa, Februari 28, 2012

Pelatnas 2 TOKI 2012


Terhitung sejak tanggal 19 Februari sampai 10 Maret 2012, Departemen Ilmu Komputer IPB berkesempatan untuk menjadi panitia penyelenggara Pelatnas 2 TOKI 2012. Pelatnas tahap 2 ini diikuti oleh 16 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, dan semuanya adalah siswa SMA kelas XI dan XII. Pelatnas ini diselenggarakan dalam rangka untuk mempersiapkan perwakilan Indonesia untuk mengikuti IOI (International Olympiad in Informatics) 2012, yang akan dilaksanakan di Italia pada bulan September 2012. Pelatihan ini mengambil tempat di kampus Ilkom Baranangsiang, salah satunya adalah karena alasan aksesibilitas.

Selama tiga pekan, peserta akan menjalani serangkaian acara, yaitu pemberian materi di kelas, sesi praktikum di lab komputer, kuis, dan seleksi. Dari keenambelas peserta, akan dipilih 8 peserta yang akan maju untuk mengikuti pelatihan berikutnya, sebelum akhirnya dipilih 4 orang perwakilan Indonesia untuk IOI 2012.

Untuk menyukseskan pelatihan ini, beberapa mahasiswa Ilkom "direkrut" untuk menjadi asisten instruktur. Dan saya adalah salah satunya. Tugas dari asisten instruktur ini cukup beragam, diantaranya adalah menemani dan mengawasi peserta, yang kemudian akan memberikan penilaian bagi peserta dalam hal non-akademik. Selama menjalani "profesi sambilan" ini, asisten mendapatkan beberapa fasilitas, diantaranya kesempatan menginap gratis di hotel dan kesempatan menggunakan kamera SLR :D.

Sekian "curhat asisten"-nya. Semoga kami dapat berpartisipasi maksimal dalam penentuan kontingen perwakilan Indonesia. Dan semoga para siswa yang nantinya terpilih sebagai perwakilan Indonesia untuk IOI 2012 dapat memberikan usaha terbaiknya dalam mengharumkan nama bangsa. Aamiin... :D

/* tulisan ini dibuat ketika pelatihan sedang berlangsung :P */

1 komentar: