Rabu, Juli 07, 2010

Ngebolang The Trilogy [Part 3]

Ngebolang Part 3: "Hutan" IPB

// Sambungan dari Ngebolang Part 2: Jakarta

Kisah ngebolang di hari Sabtu tanggal 3 Juli 2010 ini diawali dari rencana panitia MPD (Masa Perkenalan Departemen) Ilmu Komputer, Grafity 4.6, yang akan mengadakan outbond, sebagai salah satu rangkaian dari acara pra MPD. Sebagaimana biasa, ketika akan diadakan acara outbond, tentunya panitia perlu menyiapkan jalur yang akan digunakan sebagai arena outbond. Sebelumnya jalur untuk outbond ini sudah "ditemukan" oleh panitia, akan tetapi waktu itu hanya Co (Koordinator-pen) divisi MPD saja yang telah melaluinya. Nah, pada hari Sabtu itu, dikumpulkanlah semua panitia MPD untuk ikut menjelajah jalur tersebut, agar para panitia tahu jalur mana yang digunakan.

Untuk masalah tempat outbond, kami tidak terlalu pusing memikirkannya. Pasalnya, sisi lain kompleks kampus IPB Dramaga masih berupa hutan. Tepatnya di wilayah Barat kampus. Selain itu, juga terdapat sungai dan persawahan milik penduduk yang ada di dekat kompleks "hutan" tersebut. Kombinasi tersebut menjadikan sisi lain kampus IPB ini menjadi tempat yang sangat pas untuk dijadikan tempat outbond.

Menurut jadwal yang dibuat sejak awal, panitia diminta untuk berkumpul di Pojok MIPA pada jam 6. Ketika saya datang ke TKP, sekitar jam 6.15, baru beberapa orang saja yang datang. Bahkan sang ketua MPD dan Co divisi Acara, sang penyelenggara acara ini, pun belum datang. Satu pertanyaanpun timbul, apa mereka kecapekan ya, mengingat mereka berdua juga ikut ngebolang di Jakarta pada hari sebelumnya. Setelah hampir satu jam berselang, panitia yang datang tak terlalu banyak. Bahkan, jumlahnya tak sampai mencapai setengah dari jumlah seluruh panitia MPD. Karena waktu yang semakin siang, maka sejumlah orang inipun berangkat menuju medan perang outbond.

Perjalanan outbond ini dimulai dari sebelah Utara Masjid Al Hurriyyah, yang kebetulan sudah termasuk kawasan "hutan". Setelah sedikit mendengarkan pengarahan dan dibagi kelompok jalan, rombonganpun berangkat menembus hutan. Saya berada di kelompok belakang, yang juga bertugas menandai jalan yang dilalui. Kondisi tanah di hutan agak licin, karena menurut keterangan tadi malamnya turun hujan yang cukup deras. Akibatnya, baru beberapa meter berjalan, seorang teman sudah terpeleset. Dan ini berlangsung berkali-kali selama perjalanan. Menurut saya, ada beberapa hal yang membuatnya menjadi "vulnerable" (baca: gampang terpeleset), yaitu badannya yang besar, barang bawaannya yang cukup berat, dan sandal yang dipakainya (padahal udah disuruh pakai sepatu), yang alasnya sudah cukup tipis sehingga ยตk-nya menjadi kecil dan menyebabkan dirinya menjadi gampang terpeleset.

Setelah berjuang menembus hutan dan sedikit bernarsis ria untuk memberdayakan divisi PDD :p, tibalah kami di bawah Asrama Putra TPB. Disana kami bertemu dua orang teman lagi, yang kemudian ikut ngebolang bersama kami. Saya kira hanya sampai disitu saja merambah hutannya. Ternyata, ada acara merambah hutan "sesi dua". Dan ternyata juga, jarak yang ditempuh lebih jauh dari "hutan" pertama, dan medannya lebih "mantap". Tanpa membuang banyak waktu, langsung saja kami menyambangi "hutan" tersebut. Dan seperti biasa, saya ada di barisan belakang. Di kawasan ini, penanda jalan merupakan hal yang sangat diperlukan, karena cukup banyak jalan yang bercabang. Disini juga kami sempat tersesat karena sang penunjuk jalan agak lupa dengan trek yang sudah ditetapkan sebelumnya. Tak lupa, teman kami yang bersandal, juga beberapa dari kami, beberapa kali melakukan "sliding tackle" (baca: terpeleset).

Keluar dari "hutan", kami menyeberang sungai menuju persawahan milik penduduk sekitar kampus. Persawahan tersebut tidak termasuk ke dalam kawasan kampus IPB Dramaga. Karena semalam hujan cukup deras, maka arus sungai menjadi agak deras. Walhasil, kami harus hati-hati dalam mengarunginya. Untung saja di sekitar "area penyeberangan" terdapat beberapa batu besar, sehingga kami menjadi agak tertolong. Selesai mengarungi sungai, kami melanjutkan perjalanan dengan menyusuri sawah penduduk. Disana ada beberapa orang panitia yang kembali bernarsis ria *biasa lah...*. Setelah puas menyusuri persawahan, kami kembali menyeberang sungai. Bukan melalui jalan yang tadi, tetapi melalui jalan yang satunya.

Jalan yang satunya ini agaknya lebih lebar jika dibandingkan dengan jalan sebelumnya. Makanya, kami menjadi lebih hati-hati ketika menyeberang. Sempat juga terjadi suatu kejadian yang tidak diinginkan. HP dari seorang teman terjatuh dengan tidak sengaja. Walhasil beberapa orang ikut membantu si empunya HP untuk mencari si HP yang malang, sementara yang lain meneruskan perjalan menyeberangi sungai. Setelah beberapa lama mencari, akhirnya si HP ditemukan juga dan kemudian semua orang berjoget-joget sambil berterak "berhasil, berhasil" a la Dora. Kemudian, orang-orang meneruskan penyeberangan, dan berakhirlah sesi menyeberang sungai.

Setelah kembali ke sisi IPB (baca: seberang sungai), sekitar jam 9, kamipun beristirahat dan sarapan. Setelah selesai sarapan dan beristirahat, kami kembali ke peradaban lingkungan kampus. Sebelum benar-benar meninggalkan kawasan tersebut, beberapa orang teman menghadiahi siraman air sungai kepada seorang teman yang *katanya* berulang tahun. Seperti biasa, saya cuma jadi spectator :).

Setelah itu, diadakan evaluasi dari kegiatan hari itu di pelataran parkir Masjid Al Hurriyyah. Beberapa poin dibahas disini, yaitu kehadiran panitia yang hanya segelintir orang, kesiapan panitia dalam mengatasi medan, dan beberapa hal lain yang sekiranya perlu dibahas. Akhirnya, acara hari itu benar-benar selesai sekitar jam 11.15, dan kemudian para panitia bubar dan pulang ke tempat masing-masing.

Setelah kejadian hari itu, saya dapat menyimpulkan beberapa hal. Ketika kita ber-outbond ria,
  • Jangan pernah beralas kaki sandal, apalagi yang alasnya sudah tipis
  • Jangan mengenakan pakaian putih, karena rentan kotor
  • Jangan menggunakan HP ketika sedang berada di permukaan air
  • Gunakanlah alas kaki khusus
  • Dan lain-lain


Jika ada peserta MPD Grafity 4.6 yang membaca posting ini, ayo ikutan menjelajah sisi lain kampus IPB Dramaga, tentunya ketika waktunya telah tiba (baca: liat jadwal dari divisi acara). Mantap loh medannya. Insya Allah acaranya asyik.
Jika ada peserta MPD Grafity 4.6 yang membaca posting ini dan ternyata tidak ikut outbond, awas saja...

=================================
Akhirnya, beres juga triloginya... :)

9 komentar:

  1. waaaah...
    hebat bangeeeet

    http://himalkom.ipb.ac.id

    BalasHapus
  2. wkwkwkwkwkkwkkkkk...
    sero gan...

    BalasHapus
  3. ada sedikit gambaran bagaimana medan yang harus dilewati untuk tanggal 31 nanti. nice posting kak..

    BalasHapus
  4. @Firman: Gambaran medan, yah kayak outbond biasanya lah. Nembus hutan, nyebrang sungai, ngelewatin pematang sawah, dll. Info lebih lanjut, lihat web grafity aja.
    Tolong infokan ke yang lain ya...

    @All: Mantaf!

    BalasHapus
  5. wah udah kaya lagu ninja hatori aja ni..hhe
    sepertinya besok bakal seru ni acaranya..
    smangat..

    BalasHapus
  6. beuh... siap lha...!!!

    ini akan mengalahkan Peppy the Explorer... xDD

    BalasHapus
  7. wow..
    monochrome hrus siap2 nih...
    :D

    BalasHapus
  8. semoga saja malam ini terbebas dari guyuran hujan deras... Aminn...
    Jadi tambah penasaran... C;
    Postngannya sangat membantu kak.. Trims...

    BalasHapus