Sabtu, Februari 14, 2009

IP Pertama...

Di setiap institusi pendidikan, diantaranya SD, SMP, dan SMA, setelah beberapa lama para siswa diberikan pengetahuan tentang suatu mata pelajaran, tibalah saatnya dewan guru menguji seberapa paham siswa terhadap mata pelajaran tersebut, entah tiga bulan sekali, empat bulan sekali, ataupun enam bulan sekali. Dan setelah ujian, saat yang paling dinantikan adalah saat pembagian laporan hasil belajar, kalau di sekolah namanya pembagian rapor.

Tidak jauh berbeda dengan institusi pendidikan yang lain, IPB pun mengadakan ujian kepada semua mahasiswanya, dalam hal ini adalah UAS. UAS semester ganjil IPB tahun ini diadakan tanggal 19-31 Januari 2009. Selepas UAS, yang notabene sudah 2 minggu berlalu, saat yang paling ditunggu oleh mahasiswa IPB adalah saat keluarnya IP (Indeks Prestasi), yang bisa dibilang "rapor"-nya mahasiswa. Yang cukup istimewa dari IP-nya IPB, nilai ini bisa diakses melalui SMS dan, khusus mahasiswa tingkat pertama, dikirim ke rumah masing-masing.

Tapi, ada satu hal yang spesial dalam penantian keluarnya IP semester ganjil ini. Ya, IP semester ganjil ini adalah IP pertama kami - mahasiswa angkatan 45 - di IPB. Dan, umumnya hal yang pertama kali terjadi, IP ini membuat hati kami menjadi dag-dig-dug. Selepas ujian terakhir, 28 Januari, aku dan teman-teman sekelas mulai "bergerilya" untuk mencari apakah ada nilai yang sudah keluar.

Kemarin, sekitar tanggal 4 Februari, datang SMS ke HP-ku. SMS itu memberitahukan batas waktu pemasukan nilai (13 Februari) dan cara mengetahui nilai IP lewat SMS, plus cara mendapatkan PIN untuk dapat memperoleh nilai IP. Tentunya hal ini cukup membuat kami (aku dan teman-teman yang lain) tambah berdebar menunggu hasil kami selama 6 bulan pertama di IPB ini.

Selepas kehadiran SMS itu, cukup banyak keluhan dari teman sekelasku di "forum" kelas kami. Yang paling banyak, keluhan karena tidak bisa memperoleh PIN menggunakan nomor dari operator tertentu, sementara dengan nomor dari operator lain bisa dapat PIN. Juga, keluhan karena pada saat meminta nilai IP, permintaan tersebut "ditolak", dengan kalimat:
Maaf, permintaan Anda tidak tersedia.
Terang saja, hal ini membuat kami makin resah. Tanggal 13 kemarin, teman-temanku masih meributkan hal ini, karena nilai IP belum bisa diakses. Padahal, kemarin baru batas pemasukan nilai, belum nilai IP-nya.

Beberapa menit lalu, ketika aku lihat di "forum" kelas, katanya IP baru akan dirapatkan besok Senin, dan mungkin baru keluar pada saat semester genap dimulai. Dan beberapa saat yang lalu, ketika kucoba mengakses nilai, balasan SMS-nya masih sama, belum tersedia. Tapi untungnya, beberapa nilai mata kuliah sudah "bermunculan" di sana-sini (?).

Hmm... Mungkin memang harus bersabar ya untuk menunggu IP pertama...


[extra]
Alhamdulillahi robbil 'alamin, setelah menunggu ber-"abad-abad", akhirnya IP pertama keluar juga. Semoga ini bisa menjadi batu loncatan untuk menjalani hari-hari berikutnya di IPB. Amin.

Nilainya? Yang pasti, cukup memuaskan...
[updated 19-Feb-09 22:42:50]

9 komentar:

  1. jadi gak bisa sepenuhnya menikmati liburan ye bang..

    BalasHapus
  2. judulnya ambigu :)
    kirain mau ngasih tau IP sampeyan.

    kalo IP-ku 192.168.0.2
    dulunya 127.0.0.1

    :)

    BalasHapus
  3. Indeks Prestasi lah, bukan Internet Protocol...
    (Eh, bener ga?)

    BalasHapus
  4. *ngakak baca komennya abrari, humor cerdas, hehe

    saya malah ada masalah di krs pascacuti setaun kemaren.. hehe..

    salam kenal, semoga IP-nya 4,8 deh.. =P

    BalasHapus
  5. IP sampe 4,8?
    Kelewat hebat tu orang...^^

    Salam kenal juga

    BalasHapus
  6. wew, hyper donkss IPnya..

    gimana nan? kan udah keluar tuh ip kita..

    dapet 4 ya?

    BalasHapus
  7. assl,
    eh, ip lu berapa cuy?!
    ip index prestasi, lho! bukan ip address..
    hahaha! temen2 lu banyk yg dewa garing juga ya!
    duh..

    BalasHapus
  8. desi IP-nya empat ya? heu, pada pinter amat sih. bete gue jadinya. hshshshs,,

    BalasHapus