Senin, November 03, 2008

Sosum, oh Sosum....

Akhirnya, UTS yang ditunggu telah tiba. Ujian Tengah Semester Ganjil IPB kali ini berlangsung dari hari ini, 3 November 2008, sampai dengan tanggal 14 November 2008. Mata kuliah yang diujikan tentunya berbeda (jelas...), tergantung tingkat dan jurusan masing-masing mahasiswa.

Kami (aku dan teman-teman), yang masih "terjebak" dalam TPB (Tingkat Persiapan Bersama), pun ikut dalam "pesta rakyat" ini, tentunya dengan mata kuliah yang sedikit banyak masih ada sangkut pautnya dengan pelajaran SMA. Karena itu, bisa dimaklumi kalau tahun pertama IPB sering disebut "kelas 4 SMA".

Jauh hari menjelang UTS, jadwalpun ditempel dimana-mana di tempat-tempat tertentu. Untuk TPB, jadwal hanya disediakan di depan LSI. Seperti teman-teman yang lain, akupun ikut mencatat jadwal UTS untuk kelasku, yang kebetulan semester ini hanya "berisikan" 5 mata kuliah, yaitu PIP (Pengantar Ilmu Pertanian), Sosum (Sosiologi Umum), PKn, Bahasa Inggris, dan Fisika. Nah, dengan jadwal yang sedemikian rupa, beberapa temanku, yang berasal dari Jawa Barat dan sekitarnya, sudah merencanakan hari kepulangan mereka ketika libur pasca-UTS, karena jadwal untuk kelasku berakhir tanggal 11 November. Namun ternyata, impian teman-temanku itu harus mereka pendam lagi.

Jum'at kemarin, sebuah kabar datang menghampiri Asrama Putri, Rusunawa, dan Asrama Putra. Kabar itu kurang lebih berbunyi:
"Berhubung rencana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang akan datang ke IPB dalam rangka acara Dies Natalis IPB ke-45 pada tanggal 4 November 2008, maka jadwal Ujian Tengah Semester Ganjil untuk mata kuliah Ekonomi Umum dan Sosiologi Umum bagi mahasiswa TPB diundur menjadi:
- Ekonomi Umum: Rabu, 12 November 2008
- Sosiologi Umum: Jum'at, 14 November 2008
Dan bagi mahasiswa TPB yang ingin mengikuti acara tersebut harap mendaftar ke SR (Senior Residence) masing-masing."
Tak dapat dipungkiri lagi, kabar itu membuat beberapa temanku yang sudah berencana untuk pulang ke tempat asalnya selepas UTS menjadi terpukul, dan membatalkan rencana kepulangannya.

"Kenapa UTS Sosum dipindahin jadi hari Ju'mat minggu kedua sih? Gue ga jadi balik deh...", rutuk beberapa temanku. Sebenarnya aku juga agak merasa kecewa dengan keputusan ini. Kenapa tidak dipindah menjadi hari Jum'at minggu ini, 7 November, saja? Kalau tetap tanggal 14, jadinya kan masa liburku berkurang....

5 komentar:

  1. Sosum mah gampang kok...
    Tinggal kedip dapet A...

    BalasHapus
  2. Untuk anak rantau kayak aku, libur kayak apapun gak terlalu ngaruh.

    BalasHapus
  3. hhmmm..

    ribet hari ini..

    gag bisa kemana2 di kampus..

    banyak satpamnya..

    BalasHapus
  4. @a3u5z1i: emang, sosum tuh gampang...

    @abrari: .....

    @faiz: asikan di rumah...

    BalasHapus
  5. ihh bneran gampang?? yakinn??
    kira2 bisa ga ya dpt A??
    kadang tuh buat pertanyaan susah nimbulin itu..
    hmmm -__- huahuahua

    BalasHapus