Rabu, November 14, 2012

Finalis TICA 2012

Tokyo Tech Indonesia Commitment Award (TICA) 2012 telah sampai di akhir masa penjurian. Event yang diselenggarakan oleh PPI Tokodai ini merupakan ajang bagi para mahasiswa Indonesia untuk mempublikasikan tulisan — dalam hal ini tulisannya berupa paper — hasil penelitian yang mereka lakukan. Karenanya, syarat utama paper yang diikutkan dalam kompetisi ini adalah paper hasil penelitian mahasiswa, baik yang masih berstatus mahasiswa aktif atau yang lulus di tahun 2012.

Tanggal 10 November 2012 kemarin merupakan pengumuman pemenang dari kompetisi ini. Dari 125 paper yang diterima oleh panitia, terpilihlah sembilan judul paper sebagai finalis, yang selanjutnya akan dipilih tiga judul paper sebagai juara dari event ini. Dan, dari sembilan paper yang ditetapkan sebagai finalis TICA 2012, terselip sebuah judul paper seorang mahasiswa IPB.


Ya, itu adalah judul paper dari skripsi yang saya kerjakan. Alhamdulillah. Saya juga tidak menyangka bahwa paper saya termasuk dalam kesembilan finalis TICA 2012. Bahkan, paper saya mungkin menjadi paper pertama dari IPB yang masuk sebagai finalis pada event ini.

Setelah terpilih sebagai finalis, tentunya terselip harapan agar si paper dapat terpilih menjadi juara. Akan tetapi, paper saya ternyata hanya sampai pada tingkat finalis saja. Tiga paper terbaik jatuh kepada paper dari UI, ITS, dan UKWMS.

Yah, tidak menjadi juara bukanlah suatu "penyesalan", walaupun hadiahnya cukup menggiurkan :D. Walaupun begitu, menjadi salah satu dari finalis terpilih merupakan kebanggaan tersendiri. Semoga akan ada lagi paper dari IPB yang terpilih pada perhelatan tahun berikutnya :)

* NB: Saat ini masih menunggu kiriman plakat & sertifikatnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar