Kamis, Januari 27, 2011

Review Web Usability – Bajubatik.com : Bagian III + Penutup

/*
Tulisan ini merupakan salah satu dari rangkaian tulisan mengenai review usability dari situs Bajubatik.com, sebagai tugas akhir dari mata kuliah Interaksi Manusia Komputer. Daftar rangkaian tulisan tersebut adalah sebagai berikut.

Review Web Usability - Bajubatik.com : Sebuah Pengantar
Review Web Usability – Bajubatik.com : Bagian I
Review Web Usability – Bajubatik.com : Bagian II
Review Web Usability – Bajubatik.com : Bagian III + Penutup
*/

+++++++++++++++++++++

Pada tulisan kali ini, saya akan membahas dua poin heuristik terakhir, yaitu Help users recognize, diagnose, and recover from errors dan Help and documentation, serta kesimpulan, penutup, dan daftar pustaka.

Help users recognize, diagnose, and recover from errors


Berbicara mengenai pesan kesalahan pada situs ini, mungkin hal tersebut tidak banyak muncul, hanya terdapat pada halaman tertentu saja, seperti pada halaman checkout. Mengenai hal ini, sudah dibahas pada tulisan sebelumnya.

Tambahan untuk halaman tersebut, ketika terjadi kesalahan karena, misalnya, ada field yang masih kosong, kursor tidak secara otomatis menunjuk ke field kosong yang seharusnya terisi (yang bertanda bintang). Hal ini cukup menyulitkan pengguna.


Help and documentation


Seperti yang sudah saya bahas pada tulisan sebelumnya, bilah menu pada situs ini sudah terkategori berdasarkan isinya. Ada yang berisi tentang informasi umum, guide (petunjuk), dan pembelian. Untuk gambarnya, dapat dilihat di sini.

Mengenai isi dari masing-masing menu, sudah cukup membantu pengguna yang baru pertama kali datang ke Bajubatik.com. Contohnya pada menu How to Shop, penjelasan yang diberikan cukup mendetail. Hal-hal mulai dari pemilihan produk, informasi biaya, sampai metode pembayaran yang akan digunakan dijelaskan dengan mendetail. Sayangnya, tidak ada How to Shop versi Bahasa Inggris, sehingga orang luar yang ingin berbelanja di situs ini mungkin akan merasa agak sulit dalam mengikuti alur kerja sistem.




Kesimpulan


Secara keseluruhan, saya rasa situs Bajubatik.com ini sudah cukup bagus. Alur pengerjaan yang harus dikerjakan pengguna cukup jelas, bahkan untuk pengguna baru sekalipun. Selain sebagai situs e-commerce, situs ini juga dapat menjadi media untuk memasyarakatkan pakaian batik dalam kehidupan sehari-hari.


Penutup


Mungkin sekian saja rangkaian tulisan saya mengenai web usability review. Mohon maaf jika terdapat banyak kesalahan dalam tulisan saya. Saya bukanlah seorang pakar dalam hal interaksi manusia komputer. Saya hanyalah seorang mahasiswa yang sedang mencoba untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diberikan.

Terima kasih.

/* Penutup yang aneh... */


Daftar Pustaka


http://www.useit.com/jakob/
http://www.useit.com/alertbox/20030825.html
http://www.useit.com/papers/heuristic/heuristic_list.html
http://www.stcsig.org/usability/topics/articles/he-checklist.html

Tulisan asli ada di sini.


6 komentar:

  1. wah udah bagus kok web e-commerce nya..
    tampilannya juga oke. warnanya tidak rame dan bisa memberikan kenyamanan pada penggunanya..

    cb lihat ini :
    https://rizka.paramitha08.student.ipb.ac.id/
    or
    http://ngahika.wordpress.com/

    BalasHapus
  2. kalo di rating 1-5 berapa nan web ini?

    BalasHapus
  3. Kalo dirating 1-5, mungkin ane kasih 3 deh...

    BalasHapus
  4. pertama kali buka webnya, huaaaa lucu banget headernya..
    kayaknya lebih cocok buat web yang jualan barang2 bayi ato mainan anak kecil hehehe..
    hmm, pas liat gambar-gambar batiknya, kok polos bangeet?
    ternyata harus di roll over dlu toh supaya tau id n harganya..
    mungkin kalo langsung dicantumin dibwahnya lebih ringkas ya, ga bikin user mengingat2 harganya dan bisa bikin perbandingan..

    BalasHapus
  5. Logo pada header cukup menunjukkan identitas website ini.

    Namun,shopping cart-nya kurang terlihat oleh user karena terletak di pojok kanan bawah...

    BalasHapus
  6. Kunjungi juga http://vininta.ayudiana08.student.ipb.ac.id/

    BalasHapus